It’s not a Joke, November 19th is World Toilet Day

/ 20151120 /
“World Toilet Day dapat menyadarkan kita bahwa kebersihan toilet harus tetap dijaga demi kesehatan kita dan pengguna lainnya.
Teks: Tia Agustiningrum & Devi Setyowati
Editor : Devi Setyowati

sourece washadvocates.org


Toilet. Apa yang kita pikirkan tentang toilet? Pernahkah kita mendengar tentang hari Toilet Sedunia? Kalau belum mari kita lihat bersama kenapa sampai ada hari toilet sedunia ini. Let’s check it out!
Tanggal 19 November 2015 kemarin menjadi perayaan hari toilet sedunia. Sejak 2001, World Toilet Organization (WTO) mencanangkan tanggal 19 November sebagai Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day (WTD). Hari toilet sedunia baru digaungkan untuk menunjukan kepedulian terhadap orang-orang yang tidak memiliki akses terhadap toilet dan sanitasi. Jumlah penduduk dunia telah mencapai 7 milyar tetapi 2,5 milyar orang tidak mendapatkan akses sanitasi yang bersih. Dan faktanya bahwa 1 milyar orang membuang kotoran di tempat terbuka. Menurut laporan UNICEF dan WHO yang dirilis tahun 2012, lebih dari 1,1 miliar orang di dunia masih buang air besar di tempat terbuka. Dua belas negara dengan jumlah penduduk tanpa akses terhadap sanitasi layak tertinggi yaitu: India (626 juta), Indonesia (63 juta), Pakistan (40 juta), Ethiopia (38 juta), Nigeria (34 juta), Sudan (19 juta ), Nepal (15 juta), China (14 juta), Nigeria (12 juta), Burkina Faso (9,7 juta), Mozambik (9,5 juta), dan Kamboja (8,6 juta).
Setiap dunia memiliki cara yang berbeda untuk melakukan World Toilet Day. Pada tahun lalu, salah satu negara yang merayakan hari toilet sedunia adalah Amerika Serikat tepatnya di New York. Hari toilet sedunia dirayakan tepat di depan kantor PBB dengan menciptakan balon raksasa yang berbentuk toilet. Sedangkan di India yang memiliki permasalahan yang lebih pelik mengenai toilet nmerayakan dengan menggelar aksi demonstrasi. Warga India menggelar aksi dengan menyalakan lilin sebagai tanda keprihatinan mereka terhadap penggunaan toilet yang sangat minim dan tidak jarang membuat wanita yang akan membuang kotoran di luar rumah terkena imbasnya seperti di perkosa.
Berbeda dengan Indonesia yang kemarin merayakan Hari Toilet Sedunia 2015. Kementerian Kesehatan dan UNICEF Indonesia menggelar Aksi Nasional Tinju Tinja fase kedua tepat pada World Toilet Day. Dikutip dari laman Twitter Puskomblik Kemenkes bahwa aksi tersebut bertujuan untuk perubahan perilaku masyarakat sadar terhadap dampak BABS (Buang Air Besar Sembarangan). Aksi tersebut bersinergi dengan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang dicanangkan oleh pemerintah. Langkah tersebut diharapkan mencapai target pada Indonesia bebas BABS 2019. Dengan adanya World Toilet Day dapat menyadarkan kita bahwa kebersihan toilet harus tetap dijaga demi kesehatan kita dan pengguna lainnya.

Note : Versi asli tulisan ini pernah dipublikasikan pada Majalah MISI STIKES Aisyiyah Yogyakarta Edisi Desember 2014.

0 comment:

IG

it's me

Foto Saya
devi setyowati is my full name // a midwife // interested with the words world // to be a simple thinker // chocolate addict // cappucino addict // "i am not the best but i am trying my best"

Blog Archive

 
Copyright © 2010 devilove, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger