Eksotisme Panorama Pantai Klayar

/ 20141231 /
Tidak pernah disangka bahwa Jawa Timur tidak habis – habisnya memiliki pantai eksotis. Salah satu yang menarik adalah pantai Klayar yang tepat berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Ke-eksotis-an pantai Klayar bisa mengalahkan pantai Parangtritis yang ada di Yogyakarta. Bahkan, saat pertama kali berpijak di pantai Klayar, kita bisa menyebutnya seperti Tanah Lot di Bali.

Pantai ini berjarak sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. Perjalanan menuju pantai Klayar dapat menggunakan motor ataupun mobil pribadi. Kita harus melalui medan jalan yang tidak mulus untuk mencapai pantai tersebut. Jalanan yang tidak mulus menjadi tantangan tersendiri yang akan membuat adrenalin kita berpacu. Ada beberapa jalan yang sudah mulai diperbaiki guna akses menuju pantai Klayar. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa jalan yang sempit dan rusak dengan kelokan tajam serta rute jalan yang naik turun cukup ekstrim melewati perbukitan harus tetap dilalui. Semua itu akan terbayarkan dengan tuntas saat kita sampai di pantai Klayar dengan pemandangan yang masih alami dan eksotisnya.


Pantai Klayar sangat jauh berbeda dengan pantai Teleng Ria Pacitan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Pantai yang menjadi salah satu seni mahakrya Sang Pencipta yang memiliki keindahan luar biasa. Pantai Klayar memiliki hamparan luas pasir putih yang membentang dengan ombak air yang tidak tenang memecah bibir pantai. Air laut yang berwarna biru dan batu karang yang berdiri kokoh menjadikan kekuatan magic yang dapat menarik pengunjung untuk berdecak kagum saat menikmatinya.


Sebelah timur pantai akan tampak karang tinggi yang menjorok ke tengah laut. Batu karang inilah yang dituju oleh hampir semua orang yang mengunjungi Pantai Klayar. Ombak berkali-kali menghempas batu karang dengan kuat dan menimbulkan efek air terjun di dindingnya dengan buih-buih putih yang cantik. Karang ini cukup unik, kalau diperhatikan mirip dengan bentuk Sphinx di Mesir. Ada sebuah celah di salah satu batu karang. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai seruling laut.

Pantai Klayar adalah satu diantara sekian banyak pantai yang masih masuk kategori pantai natural dan belum terkelola secara maksimal di Pacitan. Namun demikian, penduduk setempat sudah memanfaatkan Pantai Klayar ini untuk nilai ekonomis. Beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup menambah pesona Pantai Klayar.

Satu hal lagi yang membuat kawasan ini berbahaya adalah karena posisi karang yang menjulang di area ini langsung berbatasan dengan palung laut yang dalam. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pengelola setempat membuat pengamanan di area tersebut dengan cara memasang papan peringantan dan pagar-pagar kecil. Selain itu, terdapat guide yang membantu kita menikmati keindahan batu karangnya.


Bagi kita yang memulai perjalanan dari Yogyakarta sangat menguntungkan karena rute paling cepat dan direkomendasikan mulai dari daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Waktu yang dibutuhkan meuju pantai Klayar melalui daerah Wonosari hanya sekitar 2,5 jam saja. Rute menuju Pacitan dari Gunung Kidul Wonosari yaitu Wonosari – Pathuk – Kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Perbatasan Jateng Jatim – Punung – Pantai Klayar. Saya menjamin bahwa kalian akan merasa puas berada di Pantai Klayar.



0 comment:

IG

it's me

Foto Saya
devi setyowati is my full name // a midwife // interested with the words world // to be a simple thinker // chocolate addict // cappucino addict // "i am not the best but i am trying my best"

Blog Archive

 
Copyright © 2010 devilove, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger